Folaxin Suplemen Asam Folat, Begini Aturan Pakainya!

Folaxin adalah suplemen asam folat (vitamin B9), salah satu vitamin yang larut dalam air. Suplemen ini digunakan untuk mencegah dan mengobati kadar folat darah rendah (defisiensi folat) dan kadar homosistein darah tinggi (hiperhomosisteinemia). Selain itu, wanita yang sedang hamil atau program hamil dapat mengonsumsi Folaxin untuk mencegah keguguran dan cacat tabung saraf, seperti spina bifida (ketika tulang belakang dan punggung janin tidak menutup di dalam rahim). 

Penggunaan suplemen asam folat ini juga bisa untuk kondisi lain, seperti depresi, stroke, penurunan daya ingat dan keterampilan berpikir pada orang tua, dan banyak lainnya. Asam folat sering kali digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya.

Cara kerja Folaxin

Dilansir dari Glowm, cara kerja Folaxin di dalam tubuh seperti berikut ini.

Farmakodinamik

Asam folat eksogen diperlukan untuk mempertahankan eritropoiesis (proses pembentukan eritrosit atau sel darah merah) normal dan sintesis nukleoprotein. Asam folat akan merangsang produksi sel darah merah dan trombosit saat tubuh mengalami anemia megaloblastik defisiensi folat.

Asam folat yang terdapat dalam makanan, terutama sebagai poliglutamat folat tereduksi. Vitamin ini dapat diserap hanya setelah melalui proses hidrolisis, reduksi, dan metilasi di saluran pencernaan. Konversi asam folat menjadi tetrahidrofolat aktif mungkin memerlukan vitamin B12. Inilah mengapa penggunaan asam folat juga sering dikombinasikan dengan vitamin B lainnya.

Bentuk sintetik oral dari asam folat adalah monoglutamat dan dapat diserap sepenuhnya setelah dikonsumsi, bahkan dalam kondisi sindrom malabsorpsi.

Farmakokinetik

Folaxin dapat diserap dengan cepat d saluran pencernaan Anda, terutama di bagian proksimal usus halus. Kadar folat serum yang normal berkisar antara 0,005-0,015 mcg/ml. Dikatakan defisiensi folat apabila kadar folat serum <0,005 mcg/ml; jika >0,002 mcg/ml biasanya seseorang didiagnosis mengalami anemia megaloblastik.

Begitu asam folat diserap, akan terbentuk asam tetrahidrofolat aktif dan turunannya yang didistribusikan ke semua jaringan tubuh. Organ hati mengandung sekitar setengah dari total simpanan asam folat di dalam tubuh. Asam folat di hati disimpan dalam bentuk asam N-methyltetrahydrofolic. Sekitar 0,05 mg/hari simpanan asam folat dalam tubuh secara normal hilang melalui ekskresi urin, feses, serta oksidatif molekul dalam tubuh.

Berapa dosis Folaxin yang aman digunakan?

Sebelum Anda menggunakan Folaxin, sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep dosis yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. 

Dewasa:

  • Pria dan wanita usia subur (WUS): 400 mcg/hari.
  • Ibu hamil: 600 – 800 mcg/hari.
  • Wanita menyusui: 500 – 800 mcg/hari.
  • Wanita dengan riwayat kehamilan sebelumnya mengalami komplikasi cacat tabung saraf: 4 mg/hari sejak satu bulan sebelum hingga 3 bulan setelah pembuahan.
  • Kekurangan asam folat: 400 – 800 mcg/hari.  
  • Anemia megaloblastik: 1 mg/hari.
  • Hiperhomosisteinemia: 200 mcg – 5 mg/hari.
  • Berisiko kanker usus besar: 400 mcg/hari. 
  • Mencegah penyakit mata pada orang dewasa tua (degenerasi makula terkait usia atau AMD): 2,5 mg asam folat, 1 mg vitamin B12 (kobalamin), dan 50 mg vitamin B6 (piridoksin) per hari. 

Bayi:

  • Neonatus prematur: 50 mcg/hari (15 mcg per kg per hari).
  • Neonatus dan bayi cukup bulan (1 – 6 bulan): 25 – 35 mcg/hari.

Anak-anak:

  • 1 – 3 tahun: 150 mcg/hari.
  • 4 – 8 tahun: 200 mcg/hari.
  • 9 – 13 tahun: 300 mcg/hari.
  • 14 tahun ke atas: 400 mcg/hari.

Dokter Anda juga mungkin akan melakukan penyesuaian dosis jika Anda mengalami malabsorpsi, alkoholisme, hemolisis kronis, penyakit kulit eksfoliatif kronis, atau sedang menjalani terapi antikonvulsan secara bersamaan. Pastikan Anda menggunakan Folaxin di bawah pengawasan dokter. Jika Anda mengonsumsi Folaxin yang dijual bebas, Anda bisa berkonsultasi dengan apotekernya terlebih dahulu.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*