Fasilitas yang Ada di RSUD Bandung

RSUD Bandung

Rumah sakit umum daerah merupakan istilah yang digunakan untuk rumah sakit yang berfokus pada pengobatan masalah kesehatan dan gejala umum yang dialami pasien. Termasuk salah satunya RSUD Bandung yang terletak di Jl.Rumah Sakit No.22 Ujung Berung Bandung, menjadi rumah sakit yang banyak diandalkan masyarakat Jawa Barat khususnya bandung dalam masalah kesehatan.

Mendapatkan akreditasi tingkat dasar pada 2007, Rumah Sakit Umum Daerah Bandung kembali mendapat sertifikat Akreditasi Rumah Sakit dengan Status Akreditasi Penuh untuk 12 pelayanan yang meliputi administrasi manajemen, medis, gawat darurat, keperawatan, rekam medis, farmasi, K3RS, radiologi, laboratorium, kamar operasi, pengendalian infeksi dan perinatal resiko tinggi.

Fasilitas RSUD Bandung

Seiring berjalannya waktu Rumah Sakit Umum Daerah Bandung melakukan peningkatan pelayanan secara konsisten dan selalu menjaga mutu serta kualitas fasilitas kesehatan dengan menerapkan sistem mutu ISO 9001-2008. Untuk lebih mudah mengetahui, berikut ini beberapa fasilitas yang telah disediakan dalam membantu masyarakat.

  1. Instalasi Radiologi

Merupakan tempat pemeriksaan untuk mendiagnosis dan menunjang prosedur medis, pemeriksaan radiologi dilakukan dengan menggunakan sejumlah media seperti sinar X, medan magnet, gelombang suara hingga cairan radioaktif. Berikut ini beberapa jenis pemeriksaan radiologi baik untuk mendiagnosis maupun membantu prosedur medis.

  • Foto rontgen.
  • Fluoroskopi.
  • Ultrasonografi (USG).
  • Computed Tomography Computerized Axial Tomography (CT/CAT) scan.
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI) scan.
  • Pemeriksaan nuklir, seperti Positron Emission Tomography (PET) scan.
  1. Instalasi Patologi Klinik

Melayani pemeriksaan kimia klinik, hematologi, imunologi/serologi, pemeriksaan urine dan feses dan pemeriksaan mikrobiologi serta parasitologi. Pelayanan diberikan selama 24 jam, hasil yang ditampilkan menggunakan LIS atau Laboratory Information System. Pelaksanaan program mutu internal dan mengikuti pemantapan mutu eksternal tingkat regional, nasional dan internasional.

  1. Instalasi Patologi Anatomi

Pemeriksaan histopatologi dan sitologi, merupakan layanan pemeriksaan diagnostik serta laboratorium terhadap jaringan dan cairan tubuh. Pelayanan ini berperan sebagai baku emas dalam penegakkan diagnosis yang berbasis perubahan morfologi sel serta jaringan sampai pemeriksaan imunologi hingga molekuler.

Pelayanan Lain

Sesuai dengan Surat Keputusan KARS/398/II/2012 tanggal 14 Februari tahun 2021, Rumah Sakit Umum Daerah Bandung mendapatkan sertifikat Akreditasi Rumah Sakit dengan status Akreditasi Penuh untuk 12 pelayanan yang meliputi administrasi manajemen, pelayanan medis, pelayanan gawat darurat, pelayanan keperawatan, rekam medis, farmasi, K3RS, radiologi dan laboratorium.

Lalu kamar operasi, pengendalian infeksi di Rumah Sakit dan perinatal Resiko Tinggi, di samping kualitas pelayanan terhadap masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya yang terus ditingkatkan. Hingga akhirnya mendapatkan sertifikat ISO 9000:2000/SNI 19-9001-2001 dengan penerapan sistem mutu pada pelayanan kesehatan di poliklinik THT, poliklinik Mata dan Poliklinik Gigi dan mulut.

Termasuk pelayanan medik dan keperawatan yang melayani rawat jalan dan rawat inap bagi para pasien, dipilih sesuai dengan kebutuhan pasien. Selama pandemi Covid-19 RSUD Bandung menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari memakai masker, menjaga jarak hingga selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Disampaikan oleh Rumah Sakit Umum Daerah Bandung bahwa meskipun terdengar sepele, beberapa langkah ini bukan berarti mudah untuk dilakukan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari. Tindakan sepele ini efektif dalam melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari infeksi virus corona yang masih menyebar di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Sehingga jadikan protokol kesehatan sebagai langkah utama pencegahan hingga pandemi Covid-19 benar-benar berakhir. Rumah Sakit Umum Daerah Bandung memberi pelayanan dengan kualitas fasilitas yang terbaik untuk masyarakat.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*