Cargesik pada Asam Mefenamat, Apa Manfaatnya?

Cargesik

Cargesik adalah merk obat untuk asam mefenamat, sebuah obat resep. Obat ini hanya tersedia dalam bentuk kapsul oral. Cargesik digunakan untuk merawat rasa nyeri sedang dan dysmenorrhea (kram menstruasi). 

Obat ini boleh dikonsumsi oleh mereka yang berusia 14 tahun selama tidak lebih dari 7 hari dan boleh dikonsumsi untuk merawat kram menstruasi selama tidak lebih dari 2 atau 3 hari. 

Asam mefenamat masuk ke dalam kelas obat anti peradangan non-steroid (NSAID). NSAID dapat membantu merawat rasa nyeri, peradangan, dan demam. Tidak diketahui dengan pasti bagaimana obat ini bekerja dalam mengurangi nyeri atau rasa sakit. Obat ini mungkin membantu mengurangi pembengkakan dengan menurunkan level prostaglandin, zat seperti hormon yang biasanya menyebabkan peradangan. 

Efek samping

Asam mefenamat seperti cargesik tidak menyebabkan kantuk. Akan tetapi, sama seperti obat-obatan lain pada umumnya, cargesik dapat menyebabkan efek samping tertentu. Efek samping yang sering dijumpai setelah seseorang mengonsumsi asam mefenamat di antaranya adalah sakit perut, mual, muntah, maag, konstipasi, diare, ruam kulit, pusing, dan dan tinnitus (suara berdering di telinga). Efek samping ringan dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari atau minggu. Hubungi dokter apabila gejala efek samping berubah menjadi lebih parah atau tidak kunjung sembuh. 

Apabila efek samping bersifat parah, hubungi dokter sesegera mungkin. Jika tidak mendapatkan penanganan secepatnya, efek samping tersebut dapat membahayakan dan mengancam nyawa. Adapun beberapa efek samping serius akibat cargesik di antaranya adalah:

  • Serangan jantung atau stroke, dengan gejala seperti nyeri pada dada, sesak napas, kelemahan pada satu bagian sisi tubuh, dan kesulitan bicara
  • Gagal jantung, dengan gejala seperti pertambahan berat badan yang tidak biasa, serta pembengkakan pada lengan, tangan, dan kaki
  • Gangguan lambung, seperti maag atau pendarahan, dengan gejala seperti sakit perut, kotoran yang berwarna hitam dan lengket, serta muntah darah
  • Gangguan hati, dengan gejala seperti kulit dan bagian putih mata menjadi menguning, lelah, mual, rasa nyeri di bagian atas lambung, dan gatal-gatal
  • Reaksi kulit, dengan gejala seperti kulit yang mengelupas, melepuh, ataupun memerah

Dosis dan penggunaan

Cargesik termasuk ke dalam golongan obat keras, sehingga resep dokter dibutuhkan untuk mendapatkannya. Pastikan Anda mengikuti anjuran konsumsi yang diresepkan oleh dokter. Biasanya, orang dewasa dan anak usia 14 tahun minum 1 kaplet obat selama 3 kali dalam sehari. Sementara itu, orang-orang lanjut usia disarankan konsumsi dalam dosis yang lebih rendah dan dalam durasi penggunaan sesingkat mungkin. 

Tidak semua orang boleh mengonsumsi obat ini. Apabila Anda memiliki hipersensitivitas (yang menyebabkan terjadinya reaksi berlebih) terhadap cargesik atau asam mefenamat, aspirin, dan OAINS lainnya, beritahu dokter. Anda juga perlu memberitahu dokter apabila Anda menderita pembengkakan usus, memiliki luka pada saluran usus, dan menderita peradangan kronis pada saluran pencernaan bawah dan atas. Selain itu, jika Anda memiliki riwayat medis menderita gagal ginjal dan memiliki penyakit asma, hindari penggunaan obat ini. Konsultasi dengan dokter perihal perawatan alternatif lain selain menggunakan cargesik. 

Di Amerika Serikat, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) memasukkan cargesik sebagai obat dalam kategori C. Ini berarti studi pada hewan menunjukkan adanya efek buruk terhadap janin, serta belum ada studi terkontrol pada wanita, atau bahkan tidak ada studi pada wanita dan hewan. Dokter akan memberikan cargesik apabila manfaat yang diberikan melebihi risiko pada janin. 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*