Cara Mengobati Sariawan agar Tidak Terasa Perih

Sariawan adalah hal yang umum terjadi dan dapat dialami oleh hampir semua orang. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sariawan cukup mengganggu dan menimbulkan rasa perih, terlebih saat Anda sedang makan dan berbicara. Ada beberapa cara mengobati sariawan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara mengobati sariawan secara alami agar tidak terasa perih

Meskipun sariawan akan hilang akan hilang dengan sendirinya, Anda tetap berharap ada cara mengobati sariawan yang efektif agar sariawan tidak perih. Cara mengobati sariawan agar sariawan tidak perih sebenarnya tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami. Berikut cara mengobati sariawan dengan bahan-bahan alami agar sariawan tidak perih.

  • Berkumur dengan air garam

Salah satu cara mengobati sariawan dengan bahan alami agar sariawan tidak perih adalah dengan berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam dapat mengeringkan sariawan. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ gelar air, lalu berkumur menggunakan campuran tersebut selama 15-30 detik.

  • Berkumur dengan campuran air dan soda kue

Selain air garam, campuran air dan soda kue dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan agar sariawan tidak perih. Cara alami ini dapat mengurangi peradangan dan mengembalikan keseimbangan pH. Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh soda kue ke dalam ½ gelas air hangat. Berkumurlah selama 15-30 detik. Anda dapat mengulanginya lagi setiap beberapa jam, sesuai dengan kebutuhan.

  • Madu

Madu merupakan cara mengobati sariawan yang efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, ukuran dari sariawan, serta mencegah munculnya infeksi. Hal ini karena madu memiliki kandungan antiradang dan antibakteri. Namun, pilihlah madu yang alami seperti madu Hanuka.

  • Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang dapat mengobati dan mencegah sariawan yang mungkin disebabkan oleh bakteri. Anda bisa mengonsumsi satu cangkir yogurt setiap harinya.

  • Minyak kelapa

Kandungan antimikroba dan antiradang membuat minyak kelapa efektif menyembuhkan sariawan yang disebabkan oleh bakteri dan mengurangi radang serta rasa sakit dari sariawan. Minyak kelapa juga dapat mencegah munculnya sariawan.

  • Chamomile

Chamomile sebuah tanaman bunga yang bisa dikonsumsi sebagai teh, mengandung antiseptik dan antiradang yang dapat menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit. Anda dapat menggunakan kantong teh chamomile yang telah dibasahi dengan air hangat untuk dikompres pada area mulut yang terkena sariawan Anda selama beberapa menit. Anda juga bisa berkumur dengan teh chamomile sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari.

  • Lidah buaya

Lidah buaya ternyata selain berguna untuk kesuburan rambut, juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Sifat antiinflamasi dan penenang yang terkandung pada lidah buaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dengan meringankan rasa sakit dan menutup luka sariawan dengan cepat.

Cara penggunaannya pun sederhana, cukup oleskan ke area yang terkena sariawan dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, Anda bisa langsung membilas mulut dengan air hangat. Cukup ulangi beberapa kali hingga sariawan hilang.

  • Gunakan es batu

Cara mengobati sariawan agar tidak perih bisa menggunakan es batu. Caranya, letakkan beberapa buah es batu yang sudah dilapisi handuk bersih. Kemudian, tempelkan pada area gusi dan mulut yang terkena sariawan hingga es batu meleleh.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*