Cara Mencegah dan Mengatasi Bau Matahari Menempel di Tubuh

Bau matahari adalah istilah yang dipakai ketika muncul aroma tertentu dari tubuh karena terlalu lama terpapar matahari. Jadi jangan bingung jika seseorang mengatakan bahwa tubuh Anda bau matahari. Munculnya bau matahari merupakan hal yang wajar terutama setelah melakukan aktivitas cukup lama di bawah terik matahari. Tubuh akan mengeluarkan keringat yang kemudian memicu munculnya bau matahari pada tubuh. Bau matahari umumnya terdeteksi sebagai campuran aroma apek, menyengat, dan asam. Meski demikian, bau matahari dapat dicegah dan diatasi, lho! Simak penjelasan lengkapnya seperti berikut ini.

Cara mencegah bau matahari

Sinar matahari serta keringat yang muncul tentu sulit untuk dicegah terutama jika cuaca sedang sangat terik dan Anda perlu banyak bergerak di luar. Akan tetapi, beberapa usaha dapat dilakukan untuk mencegah bau matahari menghampiri. Berikut ini merupakan cara mencegah bau matahari yang dapat Anda terapkan.

  • Gunakan pelindung rambut

Bau matahari dapat muncul dari rambut yang lepek karena keringat dan panasnya matahari. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan pelindung rambut ketika beraktivitas di luar ruangan. Gunakan  topi, syal tipis, serta selendang untuk melindungi rambut dari sengatan matahari secara langsung.

  • Pilih pakaian yang tepat

Cara mencegah bau matahari muncul di tubuh salah satunya dengan memilih pakaian yang tepat. Hindari menggunakan pakaian berwarna hitam sebab dapat menyerap panas matahari dengan lebih cepat. Selain itu, pilih pakaian dengan bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik sehingga tubuh dapat terhindar dari bau matahari.

  • Keringkan keringat di tubuh

Saat keringat mengucur akibat panas matahari, Anda perlu menyekanya menggunakan kain bersih atau tisu. Hal tersebut berguna untuk mencegah keringat meresap dan bercampur dengan bakteri kulit kemudia menimbulkan bau matahari.

  • Hindari beraktivitas di luar ruangan

Jika tidak terpaksa, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan. Mencegah keringat muncul dan bercampur dengan bakteri kulit akibat beraktivitas di luar maka akan mengurangi risiko munculnya bau matahari.

  • Usahakan berada di tempat sejuk

Jika memang Anda harus beraktivitas di luar ruangan ketika panas terik, usahakan Anda memilih area yang sejuk. Lokasi dekat dengan pohon dan tumbuhan dapat menjadi alternatif sebab produksi keringat tidak akan terlalu banyak. Dengan begitu, munculnya bau matahari pun dapat dicegah.   

Cara mengatasi bau matahari

Bau matahari yang terlanjur muncul karena perpaduan keringat, panas, dan bakteri tetap dapat diatasi, lho! Berikut ini beberapa cara mudah dan efisien untuk mengatasi bau matahari yang menempel di tubuh. 

  • Mandi dan keramas

Setelah beraktivitas di luar selama seharian, biasakan untuk langsung mandi. Jangan tunda hal tersebut meski terkadang rasa malas melanda. Mandi menggunakan sabun antibakteri dapat mengatasi bau matahari yang menempel pada badan Anda. Selain itu, Anda juga sebaiknya keramas dengan bersih untuk menghilangkan bau matahari di rambut.

  • Cuci pakaian setelah dipakai

Bau matahari tidak hanya menempel di tubuh Anda saja, namun juga pakaian yang dikenakan. Hindari menggunakan pakaian yang sama dalam sehari terutama jika Anda baru saja beraktivitas di luar ruangan. Untuk mengatasi bau matahari yang menempel, Anda dapat mencuci pakaian seusai digunakan.

  • Gunakan deodoran dan parfum

Menggunakan deodoran dan parfum dapat mengatasi bau matahari yang muncul. Gunakan deodoran dan parfum ketika Anda telah selesai mandi. Tentunya badan pun menjadi segar dan wangi.

Beraktivitas di luar ketika siang hari tidak hanya menimbulkan bau matahari saja. Beberapa hal lain juga bisa muncul seperti kulit terbakar, dehidrasi, bibir kering, serta rasa pusing. Untuk menghindari berbagai hal tersebut, sebaiknya Anda membatasi durasi beraktivitas di luar ruangan ketika siang hari terutama saat matahari sedang panas-panasnya. Jika setelah terpapar sinar matahari berbagai keluhan muncul dan tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk mengecek kondisi kesehatan. Anda juga dapat melakukan konsultasi online dengan dokter melalui aplikasi SehatQ.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*