Bukan Hanya Masak, Ini Kegunaan Lain Krim Tartar

Selama ini krim tartar dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang berfungsi mencegah kristalisasi saat memanggang sehingga makanan menjadi tidak mudah gosong. Dalam pengaplikasiannya, banyak orang juga menggunakan krim tartar sebagai pengganti soda kue. 

Di luar kegunaannya dalam dunia masak-memasak, krim yang terbuat dari sisa produksi anggur merah ini sebenarnya menawarkan banyak manfaat untuk urusan rumah tangga lainnya. Anda bahkan bisa tercengang melihat betapa hebatnya krim tartar dalam menjaga kebersihan rumah Anda. 

Berikut ini adalah berbagai kegunaan lain dari krim tartar di luar fungsinya dalam masak-memasak. Anda tertarik mencobanya? 

  1. Penghilang Noda Pakaian

Noda membandel di pakaian tentu sangat menyebalkan karena mengganggu penampilan Anda ketika mengenakannya. Anda mungkin sudah mencoba berbagai merek sabun cuci yang menjanjikan hasil menghilangkan noda, tapi masih belum puas karena noda masih tersisa? Kini saatnya mencoba keampuhan krim tartar! Krim yang satu ini nyatanya bisa membantu ANda menghilangkan noda dari bagian-bagian baju yang sulit dibersihkan, seperti di kerah ataupun lengan. Cukup taburi area yang kotor dengan krim tartar lalu gosok perlahan.  Diamkan sebentar lalu bilas pakaian tersebut. Anda akan tersenyum melihat noda yang menyebalkan sudah lenyap dari pakaian Anda. 

  1. Pengusir Semut 

Apa yang ada di benak Anda melihat meja makan penuh dengan semut? Atau bagaimana rasanya melihat pinggiran dinding Anda dijejeri semut-semut yang berbaris rapi? Rasanya pasti ingin segera mengusir mereka karena membuat suasana rumah menjadi terlihat tidak bersih. Cobalah mengoleskan area yang sering disemutin di rumah dengan krim tartar. Krim ini mampu membersihkan jejak semut sehingga serangga tersebut ogah untuk mendatangi area tersebut lagi. 

  1. Pemudar Karat 

Karat pada peralatan masak ataupun furniture rumah Anda bukan hanya mengganggu pemandangan. Karat juga tidak baik bagi kesehatan karena berisiko menimbulkan infeksi tetanus. Anda bisa memudarkan karat yang ada di peralatan rumah tangga Anda dengan campuran 1 sendok teh krim tartar dan seperempat cangkir soda kue. Tambahkan sedikit hidrogen peroksida pada campuran tersebut sehingga membentuk pasta. Setelah itu, Anda tinggal mengoleskan pasta tersebut ke bagian yang berkarat kemudian mengelapnya dengan kain bersih dan kering setelah 30 menit kemudian. Hasilnya? Karat di peralatan tersebut memudar!

  1. Pembersih Saluran Air 

Tersumbatnya saluran air bisa menjadi masalah krusial bagi kesehatan rumah Anda. Ini karena saluran air yang tersumbat rentan menimbulkan genangan yang digemari nyamuk serta menjadi tempat menumpuknya bakteri. Saluran air yang tersumbat akibat rambut atau kotoran dari bak mandi dan wastafel sebenarnya mudah ditangani dengan krim tartar. Cobalah menuangkan 1—2 cangkir air panas yang sudah dicampur dengan krim tartar, garam, dan soda kue ke saluran tersebut. Biarkan selama sekitar 15 menit lalu tuangkan lagi air panas mendidih ke saluran pembuangan dalam jumlah lebih banyak. Seketika saluran air Anda akan bersih dan lancar kembali. 

  1. Mainan Anak 

Anda juga bisa memanfaatkan krim tartar untuk dijadikan mainan anak. Jenis krim ini bisa menjadi playdough yang aman bagi sang buah hati.  Anda cukup mencampurkan seperempat gelas krim tartar dengan 1,5 cangkir tepung, 1 cangkir garam, 2 sendok minyak sayur, dan 2 cangkir sayur. Didihkan campuran bahan tersebut sambil menuangkan bubuk the hijau 15—20 tetes. Jangan lupa untuk terus mengaduk adonan hingga campurannya menyatu selama 5—10 menit. Setelah api dimatikan, diamkan adonan sampai dingin dan mengental.  Play dough aman sudah jadi dan siap dimainkan. 

*** 

Selain berbagai fungsi yang mengejutkan di atas, krim tartar juga memiliki khasiat yang mencengangkan bagi kesehatan Anda. Bagaimana tidak, krim ini ternyata bisa menjadi obat untuk radang sendi, maag, bahkan infeksi saluran kemih.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*