Bermanfaat dan Penting Bagi Kehidupan, Mari Mengenal Kognisi!

kognisi

Kognisi adalah istilah yang digunakan untuk proses mental saat menyerap informasi dan pengetahuan tertentu. Peran kognisi dalam kehidupan manusia cukup kompleks. Berbagai proses akan terlibat dalam kognisi seperti mengingat, berpikir, mengenal, menghakimi, hingga menyelesaikan masalah. Psikologi kognitif adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang kognisi dan fokus pada investigasi cara manusia berpikir serta proses yang terlibat. Berikut ini akan dijelaskan lebhi lanjut mengenai kognisi, proses kognitif, serta berbagai manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai jenis proses kognitif dalam kognisi

Proses kognisi sendiri terbagi dalam beebrapa jenis. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Bahasa

Proses kognisi pertama adalah bahasa. Kemampuan berbahasa merupakan hal penting terutama untuk berkomunikasi dengan orang di sekitar. Bahasa menjadi bagian proses kognitif yang melibatkan kemampuan untuk memahami pikiran secara tulisan dan lisan. Selain memahami, poses kognitif bahasa juga memungkinkan seseorang mengekspresikan pikirannya.

  • Memori

Selain bahasa, terdapat pula memori sebagai salah satu jenis proses kognitif. Memori memungkinkan diri mengolah, menerima, dan menyimpan sebuah informasi. Memori berfunngsi untuk mengingat berbagai peristiwa yang terjadi pada seseorang.

  • Bernalar

Proses kognisi selanjutnya adalah bernalar. Pada proses ini, Anda dapat dapat mempelajari berbagai hal baru dan memproses informasi yang diterima. Selain itu, bernalar bisa memungkinkan Anda untuk mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya.

  • Persepsi

 Persepsi adalah salah satu proses kognitif. Persepsi memungkinkan terjadinya mengenal dan menafsirkan suatu informasi pada diri seseorang. Hal tersebut dilakukan dengan menggunakan daya indera. Informasi yang telah dikenal dan ditafsirkan akan digunakan sebagai alat untuk merespon dan berinteraksi dengan lingkungan.

  • Perhatian

Proses kognitif terakhir adalah perhatian. Pada proses berupa perhatian, seseorang menjadi mungkin untuk fokus pada satu hal. Hal ini menjadi penting sebab akan mempengaruhi beberapa jenis aktivitas di kehidupans sehari-hari.

Penggunaan kognisi dalam kehidupan

Kognisi ternyata mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Berikut ini merupakan beberapa contoh penggunaan kognisi dalam kehidupan.

  • Membentuk memori

Penggunaan kognisi dalam kehidupan salah satunya adalah membentuk memori. Proses kognitif memori berperan besar dalam hal ini. Proses kognitif di dalam otak berkaitan dengan cara mengingat seseuatu. Selain itu, proses kognitif juga berkaitan dengan berbagai hal yang diingat dan dilupakan.

  • Membuat keputusan

Selain membentuk memori, kognisi juga diperlukan untuk membuat keputusan. Saat keputusan akan dibuat, tentunya Anda akan membandingkan informasi atau mendapat pemahaman baru terlebih dahulu. Pengambilan keputusan tidak akan dibuat tanpa melibatkan penilaian terhadap pilihan-pilihan yang ada. Penilaian tersebut juga menggunakan kognisi dengan proses kognitif berupa bernalar dan persepsi.

  • Mempelajari hal baru

Tanpa kognisi, seseorang tidak dapat mempelajari hal baru dalam hidup. Untuk mempelajari suatu hal baru, diperlukan memori, bermalar, serta persepsi. Terkadang saat mempelajari hal baru bahkan proses kognitif berupa bahasa diperlukan untuk berkomunikasi. Mempelajari hal baru merupakan bagian dari kehidupan yang tentunya penting.

Untuk memelihara kognisi dan fungsi otak, Anda bisa menerapkan beberapa cara. Cara memelihara kognisi dan fungsi kognitif otak salah satunya dengan terus berpikir secara kritis. Selain itu masih ada cara lain seperti menjalani hidup sehat, selalu berpikir kritis, serta berhenti multitasking. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kognisi beserta fungsi otak, Anda dapat melalakukan sesi konsultasi dengan dokter profesional melalui aplikasi SehatQ.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*