Banyak Manfaat Kurma untuk Ibu Menyusui, Pilih yang Berkualitas!

Banyak Manfaat Kurma untuk Ibu Menyusui, Pilih yang Berkualitas!

Kurma adalah salah satu buah yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Bahkan, kaum muslim percaya buah ini bisa mendatangkan berkah dalam setiap kali mengonsumsinya. Kurma akhirnya populer bagi semua kalangan, termasuk ibu menyusui. Memangnya manfaat kurma untuk ibu menyusui sebesar apa, sih?

Pertama, mengonsumsi kurma bisa meningkatkan produksi ASI. Konsumsi buah kurma mampu memperbanyak jumlah ASI pada hari ketiga pascakelahiran. Selain itu, kurma juga mempercepat fase produksi hormon menyusui, hormon prolaktin sehingga suplai ASI meningkat secara bertahap.

Kedua, kurma bisa menjaga dan memastikan energi ibu menyusui tetap maksimal. Pasalnya, kurma karena kaya akan jenis gula glukosa. Kemudian kandungan fosfor pada kurma juga membantu menambah asupan energi bagi tubuh.

Fosfor merangsang produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) yang berguna untuk menyimpan cadangan energi di dalam tubuh. Fosfor juga membantu pembakaran kalori dari karbohidrat dan lemak pada tubuh.

Kenyataan itu tentu saja amat menguntungkan ibu menyusui. Sebab, ibu menyusui membutuhkan banyak energi agar dapat memastikan jumlah ASI yang diproduksinya cukup untuk memenuhi kebutuhan bayinya.

Meski demikian, manfaat kurma untuk ibu menyusui bisa didapatkan jika mengonsumsi kurma dengan kondisi yang baik. Pasalnya, di pasaran banyak terdapat kurma yang kualitasnya di bawah standar. Agar mendapatkan kurma yang berkualitas, ibu menyusui bisa menjadikan unsur-unsur di bawah ini sebagai patokan:

  • Perhatikan kondisi fisiknya

Kurma yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kurma yang tampilannya tidak terlalu basah, tidak terlalu kering, atau mengerut. Hal ini disebabkan kandungan gula pada kurma yang basah menjadi cukup tinggi. Lagi pula, kurma yang basah dan lengket berpotensi besar telah diberi pemanis berupa madu atau gula cair. 

Sedangkan kurma yang kulitnya terlalu kering hingga mengerut menunjukkan kualitas yang sudah turun karena sudah dipanen cukup lama. Dari segi tampilan fisik, pilih kurma yang segar, tidak terlalu lengket atau basah saat dipegang, dan kulit ari yang masih menempel dengan baik. 

Kurma dengan tampilan tersebut kualitasnya masih baik. Selain itu, memilih kurma yang masih menempel pada batangnya dinilai cukup baik karena mampu menjaga rasa manis dan kandungan gula menjadi tidak berlebihan.

  • Warna kurma bisa jadi tanda

Umumnya kurma memiliki warna merah, kuning, dan coklat hingga kehitaman. Menilai bagus tidaknya kurma dari warna daging cukup dengan melihat kurma yang warnanya merata dan tidak memiliki bagian bagian yang rusak.

Bila sudah menemukan kurma dengan ciri-ciri tersebut, berarti kurma itu adalah kurma yang masih segar dan sehat. Kadang ada jenis kurma yang memang warnanya hitam, tetapi bila tampilan fisiknya sudah tidak bagus, berarti buah tersebut sudah tidak segar lagi.

  • Ukuran kurma memengaruhi kualitas

Memperhatikan ukuran merupakan salah satu tips memilih kurma yang sangat penting. Dengan memperhatikan ukuran kurma, kita bisa mengetahui berapa banyak kandungan gula yang ada di dalamnya. 

Pada umumnya ukuran satu buah kurma adalah setengah ibu jari orang dewasa atau 7,1 gram. Ingat, konsumsi kurma dalam sehari yang disarankan tidak melebihi 40 gram. Pasalanya itulah batas pemenuhan kebutuhan gula harian pada setiap orang.  

  • Lihat kemasan dan tempat penjualan

Jika Anda membeli kurma dalam kemasan, maka perhatikan tampilan fisik kemasan, pastikan terjaga dengan semua bagian tertutup rapat, tidak terbuka atau ada bagian yang berlubang. Jangan lupa pula untuk memastikan tanggal kedaluwarsa kurma pada kemasan, ya. 

Sedangkan jika Anda memilih kurma tidak dalam kemasan, maka usahakan memilih kurma yang dijual di wadah tertutup dan tidak ada kontaminasi fisik, seperti debu atau kotoran lainnya.

Pastikan Anda hanya mengonsumsi kurma dengan kualitas yang baik agar bisa mendapat manfaat kurma untuk ibu menyusui. Pastikan Anda tidak tergiur dengan harga murah saat berbelanja kurma. Masing-masing jenis kurma punya harganya sendiri-sendiri, jadi masalah harga ini bisa pula menjadi indikator tambahan untuk memilih kurma terbaik.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*