Bagaimana Cara Redakan Stres?

tips cara redakan stres

Setiap orang tentunya akan menghadapi tantangan baik yang ringan maupun berat. Jika mereka tidak bisa menghadapi tantangan tersebut, ada kemungkinan bahwa masalah tersebut dapat membuat mereka stres. Jika Anda merupakan salah satu orang yang sering menghadapi masalah dalam suatu tantangan sehingga membuat Anda stres, Anda sebaiknya pelajari cara redakan stres.

Walaupun mengatasi stres membutuhkan waktu, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan stres. Berikut adalah cara redakan stres yang sebaiknya Anda coba:

  1. Membaca buku inspiratif

Salah satu cara yang sebaiknya Anda coba adalah membaca buku yang dapat memberikan wawasan atau inspiratif. Buku-buku inspiratif tidak hanya memberikan pengetahuan tentang hal-hal yang kecil atau besar, namun juga memberikan dampak baik untuk kehidupan seseorang supaya mereka bisa menjadi diri yang lebih baik.

Jika Anda ingin membaca buku inspiratif, ada berbagai buku yang dijual di pasaran, baik di toko buku maupun secara online. Contoh-contoh buku yang bisa Anda baca adalah buku-buku yang diumumkan setiap Minggu oleh Andy F. Noya di acara Kick Andy di Metro TV. Buku-buku tersebut dapat memberikan berbagai informasi seperti perjuangan tentang kehidupan.

  1. Mendengarkan musik

Cara lain yang sebaiknya Anda coba adalah mendengarkan musik. Anda bisa mendengarkan jenis musik apapun, namun dapat menghibur Anda. Mendengarkan musik juga diklaim ampuh dalam mengatasi keluhan, kritik, dan pikiran negatif lainnya yang dapat membatasi kemampuan seseorang.

  1. Berkumpul dengan orang-orang yang dapat memberikan efek positif

Cara lain yang dapat membantu meredakan stres adalah berkumpul dengan orang-orang yang dapat memberikan efek positif bagi Anda. Pada prinsipnya, jika Anda bergaul dengan orang yang benar atau positif, maka hal tersebut akan memberikan pengaruh yang baik di masa depan.

Contohnya, jika Anda ingin mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir semester, Anda sebaiknya berkumpul dengan teman-teman sekelas Anda yang ingin melakukan hal yang sama dan ingin berbagi ilmu dengan yang lain. Cara seperti ini akan membuat Anda lebih mudah paham tentang apa yang perlu Anda pelajari.

  1. Berlatih afirmasi

Cara lain yang dapat Anda coba adalah berlatih afirmasi. Jika Anda memiliki masalah, Anda sebaiknya coba untuk menemukan solusi terhadap persoalan tersebut daripada hanya mengeluh. Hal tersebut dapat membantu Anda mengendalikan situasi.

  1. Mengubah pola pikir

Karena stres dipicu oleh hal-hal negatif, Anda sebaiknya tuangkan ke dalam pikiran Anda hal-hal positif atau yang bermanfaat bagi kehidupan Anda. Jika Anda mengubah pola pikir Anda, Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri sehingga Anda akan merasa lebih mudah dalam menghadapi tantangan di masa depan.

  1. Bersyukur

Cara lain yang sebaiknya Anda terapkan adalah terus merasa bersyukur. Mungkin saja Anda menghadapi tantangan yang Anda anggap sulit untuk dilakukan, namun orang lain menghadapi tantangan yang lebih sulit dibandingkan dengan Anda. Anda sebaiknya jangan merasa bahwa diri Anda terus dipengaruhi oleh hal-hal yang buruk, karena peluang tersebut tidak selalu menimpa diri Anda.

  1. Meditasi

Cara lain yang dapat Anda coba untuk meredakan stres adalah meditasi. Ada berbagai jenis meditasi yang dapat Anda coba, salah satunya termasuk meditasi loving-kindness yang dapat meningkatkan rasa empati, damai, dan koneksi dengan orang lain (di dalam diri Anda). Anda dapat melakukan meditasi baik sendiri maupun secara berkelompok.

Cara redakan stres dapat membantu Anda fokus pada kehidupan Anda tanpa merasa dibebani oleh berbagai hal. Anda sebaiknya lakukan cara-cara untuk meredakan stres secara rutin supaya kehidupan Anda menjadi lebih baik.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*