Apa Saja Perkembangan Pertumbuhan Janin Trimester Kedua?

Apa Saja Perkembangan Pertumbuhan Janin Trimester Kedua?

Trimester kedua merupakan trimester yang paling mengejutkan sekaligus membahagiakan bagi ibu hamil. Pada trimester inilah, Anda akan merasakan berbagai perkembangan janin yang lumayan signifikan. Bahkan pada perkembangan pertumbuhan janin trimester kedua, Anda akan mulai merasakan gerakan janin yang menendang-nendang perut Anda. 

Perkembangan janin trimester kedua semakin signifikan dari minggu ke minggu. Pasalnya pada trimester inilah, organ vital janin mulai berkembang dengan lebih aktif hingga Anda bisa merasakan pertumbuhannya secara lebih nyata. 

Penasaran apa saja pertumbuhan janin trimester kedua yang terjadi tiap minggunya? Berikut ini adalah perkembangan menakjubkan dari sang calon buah hati. 

  1. Urine Mulai Keluar 

Ternyata janin baru mulai memproduksi urine pada trimester kedua. Ini karena pada trimester kedualah, tubuh bayi mulai membuat cairan amniotik. Bayi juga sudah bisa melepaskan cairan tersebut ke dalam kantung ketuban sehingga urine tidak jarang terminum sendiri oleh janin. 

  1. Sel Darah Merah Terbentuk 

Perkembangan janin trimester kedua yang cukup signifikan lainnya adalah sel darah merah janin yang mulai terbentuk. Sel darah merah terbentuk dalam limpa. Selain sel darah merah terbentuk, alat kelamin janin pun mulai terlihat jelas. 

  1. Mata Mulai Bergerak 

Posisi kepala janin pada trimester kedua di kandungan mulai tegak. Bagian kelopak mata pun mulai sempurna. Bahkan sebenarnya, bola mata jani sudah mulai bisa bergerak secara perlahan. 

  1. Janin Mulai Mendengar 

Pada usia sekitar minggu ke-18, sisi kepala bayi mulai menonjolkan daun telinga. Tidak hanya mulai tumbuh, telinga janin juga mulai bisa mendengar. Pada seiring bertambahnya minggu, telinga janin sudah cukup bisa mendengar dan mampu merespons ucapan dan suara dari luar kandungan. 

  1. Rambut mulai Tumbuh    

Perkembangan janin trimester kedua yang tidak kalah menakjubkan adalah mulai tumbuhnya rambut janin. Pertumbuhan rambut ini seiring dengan pola kulit kepala bayi yang mulai terbentuk. Perkembangan inilah yang membuat ibu sering merasa mulai gatal. 

  1. Aktivitas Janin Aktif 

Perkembangan janin trimester kedua yang tidak kalah membahagiakan adalah gerak janin yang mulai terasa. Anda akan sering merasa tendangan atau pukul bayi di perut Anda. Ini karena aktivitas janin yang sudah mulai bisa berguling dan membalik. 

  1. Jantung Memompa Darah 

Perkembangan jantung juga semakin signifikan pada pertumbuhan janin trimester kedua. Pada trimester kedua ini, jantung mulai bisa memompa darah. Tidak tanggung-tanggung, jantung sudha mampu memompa darah sekitar 100 liter darah setiap hari. 

  1. Janin Tidur dan Bangun Teratur 

Bukan hanya manusia dewasa yang punya waktu tidur teratur. Janin dalam kandungan pun sudah memiliki jadwal tidurnya memasuki trimester kedua. Umumnya waktu tidur janin berkebalikan dengan waktu tidur ibunya. 

  1. Kulit Berkerut

Kulit janin juga mulai tumbuh pada janin di trimester kedua.Ini karena aliran darah sudah mulai mengalir di sepanjang pembuluh darah kapiler. Namun, kulit janin yang terbentuk pada trimester kedua masih sangat berkerut. 

  1. Paru-paru Berkembang

Pertumbuhan janin trimester kedua yang penting lainnya adalah perkembangan paru-paru. Pada trimester kedua, paru-paru janin mulai memproduksi zat yang memungkinkan kantong udara di paru-paru untuk mengembang dan mengempis. Zat tersebut adalah surfaktan. 

  1. Sistem Saraf Semakin Matang 

Di akhir trimester kedua, tepatnya pada minggu ke-27, perkembangan sistem saraf janin akan semakin matang. Sistem saraf yang berkembang ini membuat otak bayi juga semakin terbentuk sekaligus tangan dan kaki juga lebih aktif bergerak. Gerakan janin pun semakin terasa pada akhir pertumbuhan janin trimester kedua ini. 

*** 

Luar biasa bukan pertumbuhan janin trimester kedua? Jangan lupa untuk mengecek kondisi kandungan Anda secara rutin ke dokter tiap bulan.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*