Apa Itu Test PCR HCV RNA? Berikut Penjelasannya

Merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengecek keberadaan virus hepatitis C (HCV) pada pasien menggunakan darahnya disebut dengan test PCR HCV RNA. Tes ini juga bisa digunakan untuk mengukur jumlah atau titer virus di dalam darah yang juga dikenal dengan viral load, jika hasil pemeriksaan juga ditemukan virus.

Pemeriksaan ini membuat dokter bisa menjelaskan diagnosis hepatitis C dengan lebih mudah, hepatitis C merupakan infeksi terhadap organ hati akibat virus hepatitis C. Virus ini juga menyebabkan peradangan dan kerusakan pada hati, pada pemeriksaan di atas dokter akan mencari materi genetik virus melalui proses bernama polymerase chain reaction (PCR).

Test PCR HCV RNA

Meskipun penularan hepatitis C tidak semudah virus sejenisnya yakni hepatitis B, namun infeksi yang muncul tetap harus diwaspadai. Pada umumnya, para penderita tidak merasakan gejala apa pun sehingga tak menyadari bahwa orang tersebut sudah mengalami penyakit ini. Penularan virus ini bisa terjadi lewat beberapa hal, di antaranya seperti berikut.

  • Penggunaan jarum suntik bersama pada obat-obatan terlarang jenis suntik.
  • Penggunaan benda-benda bersama seperti alat cukur.
  • Hubungan seksual dengan penderita infeksi.
  • Faktor keturunan, yakni ditularkan ibu hamil kepada sang anak.

Hal inilah mengapa tes PCR HCV RNA diperlukan, karena berfungsi untuk melakukan diagnosis hepatitis C pada orang yang dicurigai mengalami infeksi ini. Selain itu pemeriksaan ini juga digunakan untuk menentukan pengobatan yang tepat guna mengatasi perkembangan virus dan mengurangi viral load.

Siapa yang Membutuhkan

Tes ini direkomendasikan bagi pasien dengan beberapa keperluan, seperti untuk mendeteksi infeksi hepatitis C akut sebelum antibodi terdeteksi dalam darah. Mendeteksi dan memastikan adanya infeksi hepatitis C kronis, lalu menghitung kadar RNA virus dalam darah penderita hepatitis C kronis, memantau perkembangan hepatitis C dan responsnya terhadap antivirus.

Prosedur Test PCR HCV RNA

  • Pemeriksaan tes ini dilakukan dengan cara tenaga medis akan mengambil sampel darah dari pasien melalui beberapa prosedur.
  • Pertama tenaga medis akan membersihkan area pengambilan darah menggunakan cairan antiseptik, umumnya pada bagian siku, hal ini dilakukan untuk membunuh kuman di permukaan kulit.
  • Lengan atas pasien akan diikat menggunakan perban elastis, supaya aliran darah pada lengan bisa terkumpul dan pembuluh darah mudah ditemukan.
  • Setelah pembuluh darah ditemukan, darah kemudian diambil dengan cara menyuntikan jarum steril ke pembuluh darah.
  • Kemudian, tabung khusus akan dipasang tepat di belakang jarum dan fungsinya untuk menampung darah dari pasien.
  • Ketika jumlah darah sudah cukup, jarum akan dilepas dan pada bagian yang disuntik kemudian akan ditutup menggunakan perban.
  • Proses pengambilan darah pada pemeriksaan ini biasanya membutuhkan waktu sekitar lima menit, penderita atau pasien akan merasa sedikit nyeri ketika jarum suntik dilepas.

Terdapat dua jenis pemeriksaan PCR HCV RNA, di antaranya tes kualitatif dan tes kuantitatif. Kedua jenis tes ini memiliki pengertian masing-masing dan fungsi yang dimiliki juga berbeda. Berikut penjelasan dari kedua jenis pemeriksaan tersebut.

  • Tes Kualitatif

Tujuan dilakukan tes kualitatif adalah untuk mengetahui keberadaan virus dalam darah pasien, namun tidak bisa digunakan untuk menentukan jumlah partikel virus yang terdapat dalam tubuh. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan setelah tes antibodi hepatitis C menunjukkan hasil positif, hasil pemeriksaan ini menandakan ada dan tidaknya virus dalam tubuh.

  • Tes Kuantitatif

Pemeriksaan ini ditujukan untuk mengukur jumlah virus yang terdapat di dalam darah pasien, tes ini penting untuk mendiagnosis dan memantau perkembangan jumlah virus selama pengobatan. Hasil tes ini dinyatakan dalam satuan unit internasional per milimiter (IU/ml), hasil di atas 800.000 IU/ml dikatakan tinggi, sementara di bawah 800.000 IU/ml tergolong dalam kategori rendah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*