Apa Beda Greek Yogurt dengan Yogurt Biasa dan Manfaatnya

greek yogurt

Meskipun sama-sama dibuat dari susu fermentasi, greek yogurt ternyata berbeda dengan yogurt biasa, baik kandungan yang ada di dalamnya maupun teksturnya. 

Hal ini karena greek yogurt diproses dengan cara yang lebih kompleks dibandingkan dengan yogurt biasa, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kental dan rasa yang lebih asam. Pad greek yogurt, proses penyaringan lebih lama untuk mengeluarkan cairan.

Selain itu, greek yogurt juga mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan yogurt biasa.

Beda greek yogurt dan yogurt biasa

Agar tak keliru, berikut ini perbedaan mendasar antara greek yogurt dan juga yogurt biasa yang wajib kamu ketahui. 

Greek yogurt 

Greek yogurt dibuat dengan melalui beberapa proses penyaringan untuk menghilangkan kandungan whey dan cairan yang mengendap, sehingga tekstur dari greek yogurt lebih kental dibandingkan yogurt biasa. 

Pembuatan greek yogurt juga membutuhkan susu yang lebih banyak dibandingkan dengan yogurt biasa. Untuk itu harga greek yogurt biasanya juga lebih mahal dibandingkan yogurt biasa. 

Apabila menggunakan cara tradisional, greek yogurt disaring sebanyak 3 kali hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan. Beberapa perusahaan modern biasanya mungkin menggunakan bahan pengental. 

Yogurt biasa

Pembuatan yogurt biasanya dengan cara memanaskan susu dan menambahkan bakteri baik, kemudian dilakukan fermentasi hingga pH mencapai 4,5. 

Tekstur yogurt biasa umumnya lebih cair dibandingkan dengan greek yogurt, bahkan beberapa dijadikan sebagai minuman dengan beberapa varian rasa. 

Kandungan greek yogurt dan yogurt biasa

Berikut ini perbandingan nutrisi pada greek yogurt dan juga yogurt biasa, masing-masing senilai 245 gram. 

PerbedaanGreek yogurtYogurt biasa
Kalori179154
Karbohidrat10 gram17 gram
Gula9 gram17 gram
Protein24 gram13 gram
Lemak5 gram4 gram
Kalsium22% dari AKG24% dari AKG
Sodium4% dari AKG7% dari AKG

Dengan melihat tabel di atas, bisa disimpulkan apabila greek yogurt tinggi akan protein, rendah gula, karbohidrat, dan juga lemak. Hal ini dikarenakan proses pengeluaran kandungan whey bisa mengurangi kandungan karbohidrat dan juga gula. 

Manfaat greek yogurt

Terkenal dengan kandungan protein yang lebih tinggi serta rendah karbohidrat, gula, dan lemak, membuat greek yogurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat greek yogurt untuk kesehatan tubuh. 

Memperbaiki metabolisme

Rutin mengonsumsi greek yogurt setiap hari mampu memperbaiki metabolisme di dalam tubuh. Hal ini karena greek yogurt mengandung protein yang tinggi.

Selain itu, protein yang tinggi juga membantu tubuh membakar kalori lebih banyak, sehingga metabolisme akan terus membaik. 

Menyehatkan pencernaan

Mengonsumsi makanan yang kurang serat biasanya menyebabkan masalah seperti sembelit atau kesulitan buang air besar.

Kita bisa mengatasinya dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti greek yogurt. Bakteri baiknya bisa menyehatkan saluran pencernaan. 

Memberikan rasa kenyang lebih lama

Greek yogurt cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Sebab, greek yogurt memiliki kandungan protein tinggi yang bisa membuat perut kenyang lebih lama serta mampu mengontrol nafsu makan. 

Menguatkan tulang

Selain protein, greek yogurt juga kaya akan kalsium yang berkhasiat membuat tulang kuat dan terhindar dari osteoporosis. 

Menurunkan tekanan darah

Rutin mengonsumsi greek yogurt juga berkhasiat menurunkan tekanan darah pada seseorang, sehingga bisa mencegah penyakit kardiovaskuler. 

Itu dia perbedaan mendasar antara greek yogurt dan juga yogurt biasa yang wajib kamu pahami. Apabila kamu merasa pencernaan bermasalah, mungkin kamu bisa mulai mengonsumsi yogurt mulai dari sekarang.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*