Apa Arti Skincare? Bebaskan dari 7 Masalah Ini

Apa Arti Skincare? Bebaskan dari 7 Masalah Ini

Bagi banyak orang, arti skincare tidak sekadar perawatan kulit sebagai investasi agar tetap terlihat cakap dan memesona hingga hari tua. Bagi banyak orang, skincare merupakan solusi atas berbagai masalah kulit wajah khususnya yang membuat penurunan rasa percaya diri sehingga tidak mampu mengoptimalkan kemampuannya di depan publik. 

Pasalnya, masalah kulit yang bermulai dari kondisi kulit yang menua tidak melulu sejalan dengan bertambahnya usia. Bagi beberapa orang, kondisi penuaan kulit bisa datang lebih cepat daripada seharusnya dikarenakan beberapa gaya hidup yang salah. 

Berikut ini adalah masalah-masalah yang kerap dialami oleh orang-orang yang mengalami penuaan kulit. Masalah-masalah ini timbul karena elastisitas kulit berkurang jauh sekaligus kulit menjadi kering. Dengan menggunakan skincare secara tepat dan teratur, beragam masalah di bawah ini diminimalkan. 

  1. Keriput 

Keriput menjadi tanda penuaan kulit yang sangat menonjol. Banyak orang termotivasi arti skincare dan menggunakannya secara khusus untuk menghindari masalah kulit yang satu ini. Ketika mengalami keriput, kulit Anda akan mengerut sehingga wajah terlihat lebih lesu daripada yang seharusnya. Penyebab keriput dikarenakan hilangnya elastisitas di jaringan wajah. 

  1. Kulit Kering dan Gatal 

Masalah ini tidak hanya dialami oleh orang yang sudah tua, melainkan juga oleh Anda dan mereka yang kerap terpapar sinar matahari. Paparan sinar yang berlebihan akan membuat minyak di wajah menyusut hingga kulit menjadi sangat kering dan mudah terasa gatal. Anda bisa menggunakan skincare berupa pelembap ataupun serum guna memastikan kelenjar minyak di bawah kulit tetap terproduksi optimal sehingga tidak menimbulkan kulit kering dan gatal. 

  1. Bintik Penuaan 

Bintik-bintik yang menjadi tanda penuaan kulit wajah adalah bercak cokelat. Bintik ini merupakan akumulasi dari paparan sinar matahari selama bertahun-tahun. Kondisi masalah kulit inilah yang membuat banyak orang mencari arti skincare dan mengaplikasikannya ke kulit mereka agar terhindar dari bintik penuaan. 

  1. Garis Penuaan 

Selain bintik penuaan, masalah kulit lain nya yang berusaha dihindari banyak orang sehingga rutin memakai skincare adalah garis penuaan. Garis penuaan ini kerap juga disebut sebagai garis tawa oleh sebagian orang. Umumnya, garis penuaan muncul di sekitar mulut dan mata. Garis penuaan biasa muncul di wajah orang dari usia 40—50 tahun. Namun dalam beberapa kasus, garis penuaan bisa muncul lebih cepat daripada seharusnya. 

  1. Jerawat 

Ini merupakan masalah kulit wajah paling umum, namun menjadi yang paling banyak dihindari orang. Jerawat bisa dengan mudah menurunkan kadar percaya diri hingga menimbulkan ketidaknyamanan penderitanya. Berkebalikan dengan masalah kulit wajah lainnya yang timbul dari kulit kering, jerawat justru bisa lebih mudah hadir jika kulit wajah terlalu berminyak. 

  1. Rosacea 

Masih banyak orang menganggap rosacea merupakan kondisi jerawat parah yang membentuk kelompok. Namun sebenarnya, rosaceae merupakan masalah kulit yang berbeda. Rosacea merupakan gangguan yang menyebabkan kulit wajah menjadi berbintik dan kemerahan. Tidak berhenti di situ, rosacea yang terlalu parah akan membuat kulit wajah menebal dan membengkak. Jika sudah timbul, kondisi masalah kulit ini bisa bertahan hingga beberapa bulan. Karena itu, mengantisipasinya dengan menggunakan skincare yang tepat menjadi langkah yang lebih bijak. 

  1. Perubahan Warna Kulit 

Kulit yang mengalami penuaan cenderung akan mengalami perubahan warna menjadi kemerahan. Perubahan tidak terjadi secara merata sehingga membuat wajah Anda akan terlihat belang. Kondisi ini terjadi karena mulai hilangnya pigmentasi yang membentuk warna kulit. Terkait masalah perubahan warna kulit yang tidak merata, perawatannya jika sudah terkena membutuhkan waktu yang sangat lama, meskipun Anda sudah menggunakan skincare terbaik. 

*** 

Bagi Anda sendiri, apa arti skincare? Apakah perawatan tersebut hanya untuk membuat penampilan wajah tetap terjaga atau maksimal atau guna mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti di atas?

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*