5 Pertanyaan Saat Pacaran untuk Persiapan Pernikahan

Anda tentunya ingin hubungan percintaan Anda bisa berujung pada pernikahan. Namun sebelum sampai di tahap berikut, ada banyak persiapan yang harus Anda lakukan guna bisa meyakinkan diri bahwa pasangan Anda adalah orang yang tepat dan cocok untuk bekerja sama membangun rumah tangga. 

Menggali visi misi pasangan Anda sebagai awal persiapan pun menjadi sangat penting sebelum memutuskan untuk menikah. Visi dan misi pasangan sendiri bisa diketahui lewat berbagai pertanyaan saat pacaran

Apa saja pertanyaan saat pacaran yang penting untuk melihat pasangan Anda cocok untuk melangkah bersama ke pelaminan atau tidak? Beberapa hal berikut ini bisa menjadi petunjuknya untuk segera Anda tanyakan kepada pasangan. 

  1. Apakah Berniat Memiliki Anak?

Anak bisa membuat hubungan pernikahan semakin kuat atau justru hancur. Jangan berpikir pula bahwa tiap pasangan yang menikah berniat memiliki anak. Karena itu, pastikan pasangan Anda memiliki visi yang sama mengenai kepemilikan anak ketika sudah menikah. Tanyakan apakah pasangan Anda berniat memiliki anak, seberapa banyak anak yang ingin diperoleh, dan bagaimana tanggung jawab pola asuh anak. 

  1. Apa Tujuan Finansial dan Bagaimana Cara Mencapainya?

Pastikan nantinya keluarga Anda memiliki tujuan finansial yang jelas agar keluarga menjadi sejahtera. Karena itu sebelum memutuskan menikah dengan seseorang, Anda mesti bertanya apa tujuan finansialnya, selaraskah dengan tujuan Anda? Jika berbeda, apa ada yang bisa dikompromikan? Jika tujuan finansial bersama sudah terbentuk, Anda juga perlu bertanya dan berdiskusi mengenai bagaimana Anda dan pasangan bisa mencapai tujuan tersebut. 

  1. Punya Utang atau Tidak?

Lilitan utan merupakan masalah krisis finansial yang bisa menyebabkan ketidakharmonisan dalam keluarga serta bisa berujung perceraian. Kasus utang yang kerap menimbulkan pertengkaran adalah hutang bawaan yang didapat sebelum menikah. Agar terhindar dari permasalahan ini, baiknya Anda segera bertanya kepada pasangan mengenai status hutangnya. Apakah ia memiliki utang saat ini dan seberapa besar? Jika sudah menikah dan utang tersebut belum lunas, bagaimana status hutang tersebut? Apakah Anda harus ikut menanggungnya. Pertanyaan saat pacaran yang satu ini memang terkesan sensitif, namun bisa menyelamatkan kehidupan rumah tangga Anda kedepannya. 

  1. Apa Harapannya tentang Hubungan Seksual? 

Hubungan seksual tidak bisa dilepaskan dari hubungan perkawinan. Hubungan seksual yang memuaskan antara kedua insan yang menjadi pasangan akan mampu membuat rumah tangga akur dan awet. Sebaliknya, ketidakpuasan pasangan terhadap hubungan seksual bisa membuat kondisi rumah tangga menjadi dipenuhi pertengkaran dengan penyebab tak jelas. Karena itu, pastikan harapan mengenai hubungan seksual adalah dalam daftar pertanyaan saat pacaran sebelum melenggang ke pernikahan. Tanyakan apa keinginannya dalam berhubungan seksual dan apa yang bisa membuatnya lebih cepat merasa puas. Beri tahu pula kepada pasangan mengenai harapan Anda terkait hubungan seksual. Pengetahuan akan harapan hubungan seksual ini dapat menjadi bekal yang penting dalam berumah tangga nantinya. 

  1. Bagaimana Cara Meredakan Amarah dan Emosi 

Tentunya Anda tidak ingin kebingungan menghadapi kemarahan pasangan ketika berumah tangga, bukan? Dalam kehidupan berumah tangga, tidak bisa dielak ada momen ketika pasangan merasakan emosi yang besar dan amarah yang dalam. Amarah tersebut bukan saja terjadi karena Anda, namun juga bisa berasal dari kantor maupun lingkungan lain yang akhirnya berimbas ke rumah. Pastikan Anda mengetahui bagaimana cara meredakan amarah pasangan Anda. Karena itulah, tanyakan kepada pasangan Anda bagaimana membantu mengatasi rasa marahnya. 

*** 

Jangan terburu-buru hendak menikah jika belum melakukan pertanyaan saat pacaran di atas, ya! Bertanya secara mendalam akan membuat Anda lebih mengetahui visi pasangan Anda sehingga kehidupan rumah tangga sedikit lebih mudah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*