5 Kondisi yang Sebabkan Badan Menggigil

Badan menggigil tiba-tiba belum tentu disebabkan oleh kedinginan melainkan adanya kondisi kesehatan

Menggigil merupakan sebuah kondisi di mana tubuh mengeluarkan respons alami terhadap beberapa keadaan yang menjadikan otot tubuh berkontraksi secara cepat dan berulang dalam meningkatkan suhu tubuh. Badan menggigil bukan merupakan penyakit, tetapi hanya merupakan gejala yang menandakan seseorang mengalami gangguan kesehatan.

Biasanya seseorang mengalami kondisi ini untuk menghangatkan diri ketika terkena udara dingin, meski demikian dalam kasus tertentu seseorang bisa mengalami masalah ini secara mendadak walaupun keadaan atau suhu di sekitarnya normal. Badan yang menggigil secara tiba-tiba jelas menjadi tanda masalah kesehatan.

Penyebab Badan Menggigil

  1. Demam

Seseorang dapat dikatakan menggigil jika mengalami demam dengan suhu tubuh melebihi 37,7 derajat celcius. Demam pada umumnya bukan merupakan penyakit, hanya merupakan mekanisme tubuh dalam melawan infeksi. Kondisi ini bisa terjadi ketika organ tubuh seseorang mengalami peradangan dan terkena reaksi alergi.

Ketika mengalami demam, tubuh secara otomatis akan menggigil, kondisi ini terkadang juga mirip dengan gejala flu meskipun tidak semua orang mengalaminya. Pada umumnya, kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya meskipun bisa dipercepat dengan cara memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi obat demam.

  1. Gula Darah Rendah

Kondisi ini disebut juga dengan hipoglikemia, akan memengaruhi kinerja tubuh dan membuat badan tiba-tiba menggigil. Merupakan respons tubuh yang lumrah setelah seseorang tidak makan dalam waktu yang lama atau juga jika tubuh tidak mampu mengelola gula darah dengan benar. Kondisi ini pula yang menyebabkan penderita diabetes sering mengalami menggigil.

Selain menggigil, kondisi ini juga bisa ditandai dengan tubuh berkeringat, jantung berdebar, penglihatan kabur, rasa menggelitik di sekitar mulut hingga dalam kasus yang parah seseorang bisa menderita kejang. Gula darah rendah bagi penderita diabetes bisa mengancam jiwa hingga jika tidak ditangani segera.

  1. Bius Setelah Operasi

Kondisi ini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun suhu tubuh seseorang akan menurun selama operasi berlangsung. Ketika operasi selesai, seseorang akan kembali sadar dan tubuh akan kembali menyesuaikan suhu di angka normal. Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang setelah dioperasi mengalami menggigil.

Obat bius dapat memengaruhi kemampuan pasien dalam mengatur suhu, karena hal tersebut diperlukan waktu yang cukup lama untuk tubuh dalam mengembalikan suhu tubuh pada angka normalnya.

  1. Efek Samping Obat

Bukan rahasia umum lagi jika obat-obatan yang dikonsumsi seseorang bisa menimbulkan efek samping. Salah satunya menggigil secara tiba-tiba, seperti ketika mengonsumsi obat-obatan bebas, suplemen, produk herbal hingga obat-obatan resep dari dokter dengan dokter yang salah. Jika seseorang mengalami kondisi ini disarankan untuk segera periksa ke dokter.

  1. Hipotiroidisme

Kondisi ini ditandai dengan tidak mampunya kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon dalam jumlah yang diperlukan dalam melangsungkan metabolisme tubuh. Keadaan ini bisa mengakibatkan meningkatnya sensitivitas tubuh, terutama pada suhu dingin hingga membuat badan menggigil secara tiba-tiba.

Badan yang menggigil secara tiba-tiba terhadap berbagai gangguan kesehatan, kondisi ini juga bisa terjadi ketika seseorang mengalami kondisi emosional yang menyebabkan rasa takut dan kecemasan parah. Seseorang perlu mencermati keadaan lain yang kemungkinan muncul ketika badan tiba-tiba menggigil, hal itu dapat dijadikan cara untuk menemukan penyebabnya.

Apabila kondisi menggigil masih berlangsung setelah menjalani perawatan di rumah, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Hal tersebut harus dilakukan segera karena seseorang berisiko mengalami dehidrasi berat dan halusinasi jika dibiarkan tanpa adanya perawatan sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*