4 Resep Minuman Penambah Darah dari Bahan Alami

Minuman Penambah Darah

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga, jika tubuh kurang darah maka asupan oksigen juga menjadi rendah. Kurang darah bisa disebabkan karena pendarahan hebat, kekurangan produksi sel darah merah, atau sel darah merah mengalami kerusakan. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi minuman penambah darah. Minuman ini bisa dibuat dari buah-buahan yang mengandung zat besi sehingga bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

  1. Jus Prune

Prune (kismis) adalah buah plum yang sudah dikeringkan. Buah prune memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa dijadikan minuman penambah darah. Jika diminum secara teratur, jus buah prune bisa membantu mengatasi gejala anemia. Anda bisa membuat resep jus buah prune sendiri di rumah. Pertama, rendam buah kering ke dalam seperempat gelas air selama 15-20 menit. Setelah itu, haluskan menggunakan blender dan dicampur dengan 1 sendok teh air lemon. Tambahkan satu gelas air dan es batu sesuai selera supaya lebih segar. Satu cangkir jus prune mengandung 3 mg zat besi. Untuk pria dewasa, jumlah ini memasok sekitar 38% kebutuhan harian zat besi dan 17% kebutuhan harian untuk wanita dewasa.

  1. Jus Bayam

Daun bayam diketahui memiliki kandungan kalium dan folat yang bisa menjadi sumber asupan zat besi yang diperlukan tubuh. Namun perlu diperhatikan bahwa bayam juga mengandung oksalat yang bisa menghambat penyerapan zat besi. Solusinya, Anda bisa mengonsumsi bayam bersama dengan makanan lain yang mengandung vitamin C supaya bisa membantu proses penyerapan zat besi. Selain dibuat sayur bening, bayam juga bisa dijadikan minuman penambah darah. Jika dirasa jus sayur kurang menarik, Anda bisa menambahkan bahan lainnya supaya terasa lebih segar dan nikmat. Caranya mudah. Haluskan bayam dan potongan daun mint lalu tambahkan segelas air. Saring terlebih dahulu, kemudian tambahkan satu sendok makan perasan air lemon. tambahkan juga es batu untuk menambah kesegaran.

  1. Jus Wortel

Selain zat besi, vitamin A juga bagus untuk mengatasi gejala anemia. Vitamin A berfungsi untuk mengolah zat besi yang disimpan dalam tubuh untuk bergerak ke pusat pembuatan sel darah merah. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A bisa mengatasi gejala anemia defisiensi besi. Wortel yang terkenal kaya dengan vitamin A karena kandungan karotenoidnya bisa dijadikan sebagai bahan minuman penambah darah. Membuat jus wortel sangat mudah sehingga Anda bisa mengonsumsinya secara rutin. Cukup haluskan dua buah wortel berukuran besar dan tambah satu gelas air. Kemudian saring supaya jus menjadi lebih halus. Anda juga bisa mencampur selada air sebagai bahan tambahan untuk membuat jus wortel yang sekaligus bermanfaat menambah asupan serat bagi tubuh.

  1. Jus Jeruk, Jus Tomat, dan Jus Strawberry

Jeruk, tomat, dan strawberry merupakan buah-buahan yang mengandung vitamin C berlimpah. Vitamin C berfungsi untuk membantu proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh semakin maksimal dan bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Kandungan folat dalam jeruk bisa mengatasi gejala anemia. Tidak perlu khawatir karena buah-buahan tersebut bisa Anda temukan di mana saja dan kapan saja. Sehingga mudah untuk dijadikan minuman penambah darah. Tidak perlu menambahkan bahan yang lainnya karena rasa jus jeruk, jus tomat, dan jus strawberry sendiri saja sudah terasa nikmat. Konsumsi jus buah tersebut secara rutin dan bergantian agar Anda tidak bosan, gejala anemia juga bisa cepat ditangani.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*