4 Manfaat Asam Folat yang Terkandung Dalam Folavicap

folavicap

Folavicap adalah suplemen yang kaya akan kandungan asam folat atau vitamin B9. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf (neural tube defect), terutama pada otak (anencephaly) dan tulang belakang (spina bifida) bayi. Sayangnya, tubuh tidak dapat menghasilkan asam folat ini sendiri sehingga perlu asupan dari makanan dan suplemen, seperti Folavicap ini. 

Tersedia dalam dua varian dosis, Anda dapat mengonsumsi Folavicap dosis 400 mcg sebanyak 1 – 2 tablet setiap hari, sedangkan varian dosis 1000 mcg cukup dikonsumsi 1 tablet saja setiap harinya. 

Selain mengurangi risiko terjadinya cacat tabung saraf pada janin, apakah asam folat yang terkandung dalam Folavicap ini memiliki manfaat yang lain? Berikut penjelasan mengenai manfaat asam folat. 

Manfaat Asam Folat dalam Folavicap

Adapun manfaat asam folat yang terkandung dalam Folavicap ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kadar asam folat dalam darah menyebabkan penurunan fungsi kerja otak dan meningkatkan risiko demensia. Oleh karena itu, untuk mencegah demensia dan penurunan fungsi kerja otak disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat.

Dilansir dari Healthline, sebuah studi yang dilakukan tahun 2019 terhadap 180 orang dewasa dengan gangguan kognitif ringan menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen asam folat sebanyak 400 mcg per hari selama 2 tahun secara signifikan meningkatkan fungsi otak dan mengurangi kadar protein tertentu dalam darah yang memicu perkembangan penyakit Alzheimer. 

  1. Membantu Mengobati Gangguan Kesehatan Mental

Manfaat lain dari kandungan utama Folavicap ini adalah membantu mengobati gangguan kesehatan mental. 

Mengutip dari Medical News Today, seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti depresi memiliki kadar asam folat yang rendah. Sebuah studi menunjukkan bahwa  mengonsumsi asam folat bersama dengan obat antidepresan dinilai lebih efektif dalam mengurangi gejala depresi dibandingkan hanya mengonsumsi obat antidepresan saja. 

  1. Melindungi Janin dari Kemungkinan Terjadinya Cacat Tabung Saraf

Apabila saat ini Anda berencana untuk hamil, CDC menyarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat, seperti Folavicap ini sejak satu hingga tiga bulan sebelum kehamilan guna melindungi janin dari kemungkinan terjadinya cacat tabung saraf.

  1. Mengurangi Faktor Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi suplemen tinggi kandungan asam folat secara rutin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mengurangi faktor risiko terjadinya penyakit jantung. 

Kandungan utama dalam suplemen Folavicap ini dapat mengurangi kadar homosistein dalam darah (hiperhomosisteinemia) yang berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. 

Dosis yang Disarankan

Office on Women’s Health menyarankan untuk wanita yang sedang atau mungkin berencana untuk hamil mengonsumsi 400 hingga 800 mcg asam folat per hari. Ini artinya Anda bisa mengonsumsi Folavicap dosis 400 mcg sebanyak 2 tablet per harinya. Namun, bagi wanita atau ada anggota keluarga yang punya riwayat melahirkan bayi dengan kondisi spina bifida disarankan untuk mengonsumsi 4.000 mcg per hari. Sementara ibu menyusui sebaiknya mengonsumsi asam folat sekitar 500 mcg per harinya.

Efek Samping Asam Folat 

Seperti kandungan obat atau suplemen lainnya yang dapat menyebabkan efek samping, asam folat pada Folavicap pun demikian. Namun, kemungkinan terjadinya efek samping ini kecil apabila Anda mengonsumsinya sesuai anjuran penggunaan yang biasa tertera pada kemasan atau mengikuti petunjuk dokter. Adapun efek samping yang dialami, antara lain mual, hilang nafsu makan, dan kembung. 

Apabila efek samping ini tidak kunjung hilang dan semakin parah, segera hentikan pemakaian Folavicap dan periksakan diri ke dokter. 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*