10 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Mendatangkan Penyakit

Setiap dari kita tentu pernah melakukan pola dan gaya hidup tidak sehat. Perlu diingat, pola hidup yang buruk bisa menyebabkan penurunan kualitas hidup dan kesehatan. Terlebih lagi, jika Anda melakukannya setiap hari. Apa sajakah contoh gaya hidup tidak sehat yang dapat mendatangkan penyakit?

Yuk, hindari 10 gaya hidup tidak sehat ini!

  • Sedikit minum air putih.

Begitu besar manfaat air putih untuk tubuh. Hampir 60% tubuh Anda tersusun dari cairan. Bila asupan cairan tidak cukup dapat menimbulkan berbagai penyakit, termasuk dehidrasi, sembelit, konstipasi, kulit kering, menghambat detoksifikasi tubuh, dan masalah kesehatan lainnya. Cara mudah untuk memastikan apakah Anda sudah terhidrasi dengan baik atau tidak adalah dengan memeriksa warna urin. Jika warnanya kuning muda (warna lemon), artinya Anda sudah cukup minum air putih.

  • Makan saat larut malam.

Makan terlalu larut malam juga merupakan salah satu gaya hidup tidak sehat. Terlebih lagi, makanan yang dikonsumsi itu adalah makanan ringan atau camilan yang tinggi kalori, lemak, dan natriumnya. Bukannya mendatangkan manfaat baik, justru mendekatkan Anda dengan masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, obesitas, dan gangguan tidur.

  • Malas olahraga.

Malas olahraga membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Sebaliknya, rajin melakukan aktivitas fisik akan memberikan banyak manfaat, seperti membakar kalori, mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan jantung dan aliran darah ke otak, serta menurunkan risiko kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat. Lakukanlah olahraga setidaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang, seperti jalan cepat, bersepeda,dan berenang, sedangkan olahraga intensitas berat sekitar 75 menit per minggu, misalnya dengan berlari.

  • Tidak cukup tidur.

Terdengar sepele memang, tapi gaya hidup tidak sehat sering kali mendatangkan banyak penyakit. Mungkin, Anda sering terlalu memporsir diri untuk bekerja hingga lupa untuk tidur, padahal tubuh Anda membutuhkannya. Berbagai penyakit mudah datang jika Anda kurang tidur, termasuk penurunan sistem imun, kemampuan kognitif, mudah stres, sulit untuk menurunkan berat badan, dan membahayakan jantung. Agar terhindar dari masalah ini, usahakan untuk cukup tidur sekitar 7 – 8 jam setiap hari.

  • Terlalu banyak asupan natrium.

Anda harus hati-hati terhadap asupan natrium yang berlebihan, yang dapat Anda peroleh saat mengonsumsi makanan instan, junk food, fast food, serta penggunaan garam dan MSG yang berlebihan dalam masakan. Kelebihan natrium dapat meningkatkan risiko hipertensi, gangguan jantung, dan stroke. Untuk mengurangi asupan natrium, Anda bisa menggunakan tambahan bumbu rempah-rempah, sehingga mengurangi penggunaan garam dan MSG.

  • Makan sambil melakukan aktivitas lainnya.

Meskipun makan, tapi jika Anda tidak fokus terhadapnya, maka bisa menjadi gaya hidup tidak sehat dan ini harus dihindari. Anda akan jauh merasa lebih puas dan mampu mengontrol nafsu makan jika fokus dan tidak melakukan kegiatan lainnya saat makan. Misalnya, tidak makan sambil melihat handphone atau bermain games di komputer.

  • Melewatkan sarapan.

Ternyata, melewatkan sarapan itu tidak baik, lho. Anda bisa menjadi lebih ‘ganas’ saat makan di siang atau malam harinya, sehingga asupan makan jadi tidak terkontrol. Ini hanya akan menyebabkan berat badan bertambah dan kadar gula darah melonjak naik. Selain itu, tidak sarapan membuat Anda cepat lesu, tidak fokus, dan kelaparan. Jadi, cobalah untuk tidak melewatkannya. Cukup dengan sepotong roti dan segelas susu di pagi hari dapat memberikan energi untuk Anda memulai aktivitas sehari-hari.

  • Merokok.

Sulit memang untuk menghentikan kebiasaan merokok, apalagi jika Anda sudah terbiasa menghirupnya setiap hari. Namun, perlu Anda ketahui, merokok hanya akan merusak kesehatan Anda, terutama paru-paru dan jantung. Jadi, gaya hidup tidak sehat ini harus Anda hindari. Berhenti merokok secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung, meningkatkan indera perasa dan penciuman, serta memelihara daya tahan tubuh.

  • Konsumsi alkohol berlebihan.

Alkohol yang diminum secara berlebihan dan teratur justru menjadi racun di dalam tubuh. Ini akan meningkatkan risiko penyakit hati, kanker, tekanan darah tinggi, dan depresi. Beberapa wanita yang lebih sensitif terhadap alkohol juga dapat mengalami penyakit jantung, osteoporosis, dan kehilangan ingatan. Oleh sebab itu, batasi dan lebih baik hindari konsumsi alkohol yang berlebihan.

  • Stres berlebihan.

Stres yang berlebihan dan tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Kondisi ini dapat membuat Anda makan lebih banyak, tekanan darah dan gula darah jadi naik, sistem imun melemah, dan mengganggu kesehatan pencernaan. Anda bisa melakukan hal-hal yang membuat diri bahagia, seperti piknik, mendengarkan musik, belanja barang kesukaan, atau cerita ke sahabat Anda.

Inilah 10 gaya hidup tidak sehat yang sering dilakukan dan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Setelah membaca ini, apakah Anda masih mau melakukannya? Yuk, mulai sekarang perlahan-lahan kita kurangi melakukan gaya hidup tidak sehat, sehingga penyakit bisa menjauh dan kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*